News

Pemko Pariaman Sosialisasikan Produk Hukum Daerah

ayokepariaman.id-Walikota Pariaman yang diwakili Asisten Tata Pemerintahan Drs. Yaminu Rizal, M. Si membuka sosialisasi Produk Hukum Daerah dan Peraturan Perundang-Undangan dilingkungan Pemko Pariaman, Selasa (3/4), diruang pertemuan Hotel Almadinah Pariaman.

Menurut Yaminu pemerintah daerah wajib menyebarluaskan produk hukum daerah agar masyarakat menegerti dan memahami aturan-aturan yang terkandung didalamnya, sehingga dapat melaksanakan ketentuan dimaksud sebagaimana diamatkan oleh Peraturan Presiden RI No. 1 Tahun 2007 tentang pengesahan, pengundangan dan penyebarluasan peraturan perundang-undangan.

“Kita sadari bersama bahwa untuk menegakkan produk hukum daerah dan perundang-undnagan yang bersentuhan langsung ditengah-tengah masyarakat memang diperlukan keberanian dan ketegasan pemerintah daerah, dengan kewenangan yang ada “ jelasnya.

“Akan tetapi juga sangat diperlukan dukungan dari semua unsure yang terkait baik dari masyarakat maupun aparatur penegak hukum dan yang paling utama adalah dukungan tokoh massyarakat yang ada” tambahnya.

Selain itu, ditambahkan Yaminu, keberhasilan penegakan produk hukum daerah dan perundang-undangan juga sangat ditentukan oleh 4 faktor, yakni : sosialiasi peraturan daerah yang komprehensif hingga ketingkat bawah, payung hukum yang jelas, kontinuitas penertiban serta mentalitas dan keteladanan aparatur.

Sosialisasi yang menghadirkan narasumber dari BPMDes, Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian dan Pangan, Satpol PP dan Bagian Hukum ini diikuti oleh kepala desa, lurah, ketua BPD/LPM dan tokoh masyarakat se-Kota Pariaman. (bn)

Berikan Komentar Dunsanak !
iklan_web
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top