Kuliner

Sudahkah Anda Mencicipi Katupek Lamak Pariaman ?

ayokepariaman-Ini adalah salah satu jenis ketupat di Sumbar. Namanya katupek lamak alias katupek santan alias katupek nasi. Jangan kaget kenapa namanya banyak, seperti kata pepatah lain lubuk lain ikannya, beda wilayah beda juga penyebutannya.

Di Pariaman jenis ketupat ini lebih dominan disebut dengan nama katupek lamak (katupek=ketupat, lamak=enak). Sesuai namanya rasa makanan ini bercitarasa lamak alias enak. Perbedaan komposisi bahan yang digunakan menjadi ciri khas yang membedakan ketupat ini dengan ketupat yang lain. Berbahan dasar beras yang dicampur santan kelapa. Nah kebayang dong rasanya seperti apa? Susah membayangkannya? Ayo ke Pariaman, biar anda bisa mencicipi ketupat ini.

Kenikmatan ketupat ini semakin lengkap disantap dengan kuah sambalado. Kuah ini terbuat dari cabe merah yang digiling kasar diaduk dengan minyak kelapa, bawang, ikan asin serta asam jawa. Menikmati  katupek lamak dengan sambalado semakin sempurna jika anda santap dengan sala bulek atau sala ikan, kalau katupek lamak sudah bertemu sala, siap-siap saja anda akan berkata tambuah ciek.

Katupek lamak dijual seharga 1500-2000 rupiah perbuah, ditambah dengan sala ikan dengan harga 1000 rupiah/buah atau sala bulek 4 buahnya cukup bayar 1000 rupiah saja. Entah kenapa tidak banyak warung makanan yang menjual ini, mungkin membuatnya sedikit susah. Di Pariaman anda bisa mendapatkan katupek lamak ini di Pasir Lohong atau di Warung Pauh dekat Lapangan Bola Pauh Pariaman. (bn)

Berikan Komentar Dunsanak !
iklan_web
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top