News

Tuangku Saliah

ayokepariaman.id-Mungkin banyak diantara kita bertanya tanya siapa foto kakek yang terpajang disetiap warung nasi Padang. Tak sedikit juga kita penasaran siapa orang yang ada di foto tersebut.

Foto tersebut adalah foto Ungku Saliah, seorang ulama yang terkenal shaleh dan ‘dikeramatkan’ sebagian masyarakat. Ungku Saliah, berasal dari Lubuak Bareh, Kecamatan VII Koto Sungai Sariak, Padang Pariaman, Sumatera Barat.

Setiap rumah makan yang memajang foto Ungku Saliah tersebut sudah dipastikan pemiliknya berasal dari Piaman (Padang Pariaman dan Kota Pariaman) atau orang Minang.

Ungku Saliah lahir sekitar 1887 M. Belum diketahui tanggal maupun bulan kelahirannya secara pasti. Beliau anak dari pasangan Tulih (Ayah) dan Tuneh (Ibu). Dilahirkan di Pasar Panjang Sungai Sariak, dan merupakan anak tertua dari empat bersaudara.

Ungku Saliah dipanggil oleh kedua orang tuanya dengan sebutan Dawat. Sementara teman dan keluarganya memanggilnya Dawaik.

Cerita yang berkembang, sejak kecil Dawaik sudah banyak menunjukkan keistimewaan dan kecerdasan. Dawaik belajar ilmu agama Islam diusia 15 tahun, di Surau Kalampaian Ampalu Tinggi yang dipimpin Syekh Muhammad Yatim Tuangku Mudiak Padang. Di surau itu, ia menempuh pendidikan pertamanya hingga mendapatkan gelar Tuanku Saleh atau Ungku Saliah.

Menurut sejarahnya, Ungku Saliah juga sempat berguru kepada dua ulama besar lainnya Seperti Syekh Aluma Nan Tuo di Koto Tuo, Bukittinggi dan memperdalam ilmu tarekat kepada Syekh Abdurrahman di Surau Bintungan Tinggi. Ungku Saliah wafat pada 3 Agustus 1974.

Ungku Saliah juga dipercaya mendapat kemampuan melebihi manusia biasa yang diberikan ALLAH SWT. Beliau dipercaya bisa melihat beberapa kejadian yang akan datang, menyembuhkan orang sakit, berpindah dari satu tempat ketempat lain dengan cepat dan beberapa kelebihan lainnya.

Berdasarkan catatan sejarah, Ungku saliah juga pernah ikut berjuang dan membantu tentara kemerdekaan RI dalam perang melawan penjajahan Belanda. (sumber : prokabar)

 

Berikan Komentar Dunsanak !
iklan_web
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top