Objek Wisata

Wisata Mangrove Pariaman

ayokepariaman.id-Jalan-jalan ke Pariaman tidak melulu soal pantai dan laut, anda juga bisa menikmati hijaunya  hutan  bakau (mangrove). Hutan bakau ini berada di Desa Apar, Kecamatan Pariaman Utara dengan luas 8 ha. 1,5 ha sebagiannya diketahui sudah lama mati akibat kekeringan. Sementara itu, sisanya masih tumbuh dan berkembang dengan sempurna. Tahun 2011, Komunitas Tabuik Diving Club mencoba melakukan penanaman Bakau kembali diskeitar area ini, hasilnya bisa dilihat sekarang, bakau-bakau tumbuh subur dan hijau indah dipandang mata.

Selama ini kawasan hutan mangrove ini seperti tak bertuan. Pohon, termasuk pohon mangrove di dalamnya seenaknya dicuri oknum warga untuk dijual sebagai kayu bakar dan keperluan lain.

Setelah dimanfaatkan sebagai objek wisata, Kawasan hutan bakau ini mulai ramai dikunjungi wisatawan sejak ada jalur treking yang dibangun sepanjang 50 m dengan  lebar 1,5  m. Trekking trek dari kayu rasak dengan ketinggian sekitar dua meter ini dibangun oleh Komunitas  Tabuik Diving Club bantuan pendanaan dari CSR PT.Pertamina.

Mangrove merupakan isu sosial yang menjadi perhatian dari seluruh dunia, karena keberadaannya yang semakin sedikit, dengan dilestarikannya dan dikelola dengan baik, hutan mangrove Kota Pariaman yang sedikit ini diharapkan akan  memberi manfaat yang sangat besar bagi lingkungan, daerah dan masyarakat sekitar. (bn)

Berikan Komentar Dunsanak !
iklan_web
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top