News

Fadhilah, Bayi Rubella Sejak dalam Kandungan

ayokepariaman.id-Tepat tanggal 20 kemaren Fadhilah genap berusia tujuh bulan. Dia adalah bayi mungil yang manis namun positif Rubella CMV ( Cytomegalovirus ). Rubella atau campak Jerman adalah infeksi virus yang ditandai dengan ruam merah pada kulit. CMV adalah virus umum yang dapat menyebar luas dan menginfeksi siapa saja. Rubella CMV umumnya menyerang anak-anak dan remaja namun tidak tertutup kemungkinan juga ibu hamil.

“ Fadhila terkena Rubella cmf sejak dalam kandungan. Namun selama dalam kadungan tidak ada kelainan dan masalah. Sama seperti ibu hamil lainnya, hamil hingga 9 bulan dan melahirkan Fadhila. Hanya saja berat Fadhila dibawah standar 2,2 kilo saja “, kata Musfitri Yuliani ibu kandung Fadhila ketika ditemui pada acara Kampanye Imunisasi Campak dan Rubella (MR) di MTsN 1 Kota Pariaman, Rabu (1/8)

Ia menjelaskan, berawal dari Fadhila berusia dua bulan, saat menyusui tidak seperti bayi lainnya. “Penglihatan Fadhila menerawang dan diperiksa ke bidan desa lalu kemudian dirujuk ke RSUD Pariaman. Ternyata disana anak saya didiagnosa katarak bawaan lahir. Kemudian pihak RSUD pun membuat rujukan lebih lanjut ke RSU M.Djamil Padang”, Ia mengisahkan.

“ Fadhila menjalani cek labor mata untuk mengetahui lebih lanjut penyakit yang diderita. Satu minggu kemudian hasil keluar dan fadhila positif Rubella CMV dan harus dikonsultasi lebih serius ke dokter spesialis anak. Proses pengobatan masih berlanjut karena Fadhila mengalami jantung bocor dan pendengaran yang terganggu, “ tambahnya.

Kepala Bidang Penanggulangan dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Pariaman Rio Arisandi mengatakan, “ memang saat ini ada dua pasien yang masuk laporannya terkait Rubella, namun hanya keluarga Fadhila yang membuka diri untuk dibantu pengobatannya oleh Dinkes sendiri dan satu lagi memilih berobat sendiri. Dinas akan selalu membatu pasien dalam hal pengobatan lebih lanjut agar pasien bisa disembuhkan.

Sementara itu kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Desi Irawati mengatakan saat ini kondisi Fadhila dilihat kasat mata sehat seperti bayi lainnya namun yang dideritanya akibat Rubella CMV ini pendengaran menjadi terganggu, jantung bocor dan penglihatan yang tidak berfungsi. Untuk itu diimbau kepada ibu–ibu lainnya, lakukan imunisasi anak yang rutin khusus MR dilakukan pada bayi berusia 9 bulan sampai 15 tahun, jangan sampai ada bayi lainnya di Kota Pariaman yang terinfeksi rubella dan yang paling penting biasakan hidup bersih dan sehat.

Fadhilla Gusrianto merupakan anak pertama dari pasangan Agus Arianto ( 38 ) swasta dan Musfitri Yuliani (32) ibu rumah tangga yang beralamat di sampan, meskipun sedih karna mendapatkan anak pertama dalam kondisi yang sakit namun tetap selalu bersemangat dalam pengobatan Fadhila.

Ibu Fadhila sendiri berharap agar fadhila bisa disembuhkan dan berkembang seperti anak – anak lainnya meskipun memakan waktu lama. Ia juga mengimbau agar ibu hamil selalu dijauhkan dari asap rokok, dan kemana – mana jangan lupa selalu menggunakan masker, agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan,tutupnya. (MCPariaman)

 

Berikan Komentar Dunsanak !
iklan_web
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top