News

Dibawah guyuran hujan, pagelaran puncak Hoyak Tabuik Berlangsung Meriah

ayokepariaman- Ratusan ribu warga dari berbagai daerah tetap antusias menghadiri puncak Pesona Budaya Hoyak Tabuik Pariaman. Meski dibawah guyuran hujan, pagelaran yang berpusat di pantai Gandoriah, Kota Pariaman, Minggu sore, 23 September 2018 tetap berlangsung meriah.

Pantauan ayokepariaman.id di lapangan hujan mulai turun disertai badai sekitar pukul 17.00. Kala itu, ratusan ribu wisatawan sedang memadati panggung utama Pesona Budaya Hoyak Tabuik untuk menyaksikan penampilan tari kolosal anak nagari Pariaman.

Iven Hoyak Tabuik sendiri merupakan salah satu tradisi tahunan yang melekat dengan masyarakat Pariaman. Konon, tradisi ini sudah berlangsung sejak abad ke-19 masehi. Tabuik sendiri diambil dari bahasa arab “tabut” yang bermakna peti kayu.

Salah seorang Wisatawan asal Pekanbaru, Riau, Nanda Syahputra (30) mengaku takjub dengan gelaran Pesona Budaya Hoyak Tabuik 2018. Karena, kata dia, selama menyaksikan iven-iven budaya, pengunjungnya tak pernah seramai pengunjung iven budaya Hoyak Tabuik.

“Ya, saya baru pertama kali lihat iven budaya seramai ini. Lihat saja antusias pengunjung meski hujan badai mereka tetap antusias menyaksikan tahapan acara hingga selesai,” ujar pria yang sudah tiga hari tiba di Pariaman itu.

Sementara itu, Wali Kota Pariaman Mukhlis Rahman dalam pidatonya mengimbau seluruh warga Kota Pariaman untuk menjadi tuan rumah yang baik bagi para wisatawan yang datang. Terutama kepada para pedagang yang berada di kawasan objek wisata.

“Kalau tamu-tamu kita, dilayani dengan baik, tentu bukan hanya saat iven tabuik mereka datang ke Pariaman. Dibulan-bulan biasa pun akan berkunjung kembali kesini,” ujarnya.

Menurut Wako, untuk menunjang kenyamanan wisatawan di kawasan objek wisata Pariaman, Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman telah membangun sarana dan prasarana untuk dikunjungi seperti Taman Anas Malik, Tugu Perjuangan TNI AL, dan Asean Youth Park.

“Kuncinya, sekarang ini masyarakat Pariaman harus ramah dalam melayani setiap tamu yang datang. Kalau untuk sarana dan prasarana sudah dibangun,” pungkasnya. (AS/pic:Jafri)

Berikan Komentar Dunsanak !
iklan_web
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top