News

Jumadias, Warga Sikapak Barat Ciptakan Polibek Isi Ulang

ayokepariaman.id-Jumadias (38), warga desa Sikapak Barat meraih juara I lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) kategori umum tingkat Kota Pariaman tahun 2018 yang dilaksanakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kota Pariaman.

Adapun karya yang diciptakan Jumadi adalah polibek isi ulang. Alat ini berbahan dasar pipa paralon ukuran 3/4, lem paralon, amplas dan sedikit kayu untuk pembuat cetakan dan pembuat alat untuk mengeluarkan tanaman dari polibek isi ulang.

“Setelah semua alat selesai maka dimulailah menanam bibit di polibek isi ulang ini, untuk pembuatannya sendiri tidak memakan biaya yang mahal karna membuat satu paket polibek isi ulang yang isinya 21 Polibek hanya bermodalkan Rp. 31 ribu saja” ujarnya.

“Fungsi polibek  isi ulang ini sama dengan polibek biasa namun kalau polibek biasa hanya sekali pakai langsung dibuang dan menjadi sampah plastik, sementara keunggulannya bisa digunakan berulang – ulang dan kalau rusak bisa dijual ke tukang barang bekas karena terbuat dari paralon  dan tidak mubazir” tambahnya.

Ia berharap semoga alat yang diciptakan ini bisa dimanfaatkan oleh seluruh petani dan dinas sendiri selalu memotivasi dan memberikan infomasi kepada kelompok – kelompok tani kalau ada yang membutuhkan bisa menghubunginya langsung.

Sementara itu Kepala Dinas DPMDes Kota Pariaman, Efendi Jamal menuturkan bahwa lomba TTG ini dilakukan untuk mencari inovasi terbaru yang bisa dibuat oleh masyarakat Kota Pariaman. Saat ini pemenang lomba TTG juara 1 tingkat pelajar dan umum sedang menunggu pengumuman pemenang di tingkat provinsi. (MCP)

 

Berikan Komentar Dunsanak !
iklan_web
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top