News

Maulin Asyura Puti Bungsu Kota Pariaman Menjadi Duta Budaya Provinsi Sumatera Barat Tahun 2019

ayokepariaman.id-Gelar Puti Bungsu Sumatera Barat di Bawa pulang ke Kota Pariaman oleh Maulin Asyura dalam Pemilihan Duta Budaya Provinsi Sumatera Barat, dalam Pemilihan ini Maulin Ayura merupakan Puti Bunsu Kota Pariaman 2019 dan Rahmat Taufik Rang Mudo Kota Pariaman 2019 mewakili Kota Pariaman dalam Pemilihan Duta Budaya Sumatera Barat.

Serta, Hendrizal Rang Mudo Kota Pariaman tahun 2018 yang berhasil meraih penghargaan dari Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat sebagai Duta Budaya Kreatif se Sumatera Barat tahun 2019.

Penghargaan tersebut diserahkan di Hotel Rocky Padang, Minggu (10/11) dan berhasil mengharumkan nama Kota Pariaman di tingkat Provinsi Sumatera Barat.

Plt. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman, Alfian, menuturkan memang telah dilaksanakan malewaan gala duta budaya Provinsi Sumatera Barat untuk Tahun 2019 Rocky Hotel Padang. Tadi malam puncak acara dilaksanakan dengan malewakan gala kepada peserta terbaik dan alhamdulillah perwakilan dari Kota Pariaman terpilih menjadi duta budaya Provinsi Sumbar Tahun 2019 dan penghargaan Duta Budaya Kreatif se Sumatera Barat tahun 2019.

“ Puti bungsu dan rang mudo ini sebelum berangkat ke tingkat provinsi, Pemerintah Kota Pariaman beberapa waktu lalu telah membekali mereka dengan berbagai pengetahuan dibidang kebudayaan, kemampuan kesenian tradisional, terlibat pada kegiatan kebudayaan di Kota Pariaman, mendapatkan pembekalan oleh Bundo Kanduang Kota Pariaman Bundo Arrahmi, LKAAM dengan Bapak Priyaldi, “ tambahnya.

Kegiatan yang dilaksanakan dari Tanggal 7 s.d 10 November ini juga memberikan penghargaan yang sama kepada Pasisir Selatan, Padang Pariaman dan Kota Pariaman.

Ia berharap kepada puti bungsu yang menjadi duta budaya Provinsi Sumbar 2019 tetap menjaga nama baik Kota Pariaman dan selalu mempromosikan budaya Kota Pariaman dimanapun berada dan kepada Duta Budaya Kreatif se Sumatera Barat 2019 tetaplah harumkan budaya Pariaman dan tingkatkan keaktifan menjalankan kegiatan duta budaya serta rajin mengirim konten- konten kebudayaan melalui sosial media dan media cetak.

Sementara itu saat dihubungi Maulin Asyura merasa tidak percaya ketika di lewakan gala duta budaya Provinsi Sumatera Barat Tahun 2019 karena begitu banyak saingannya dalam pemilihan tersebut.

“ Alhamdulillah bisa dipercayakan menjadi duta budaya Provinsi Sumatera Barat Tahun 2019. Merasa sangat senang sekali karena apa yang selama ini diberikan saat pembekalan tidak sia – sia dan inilah hasilnya, “ ungkapnya.

“ Setalah terpilihnya menjada duta ini, saya lebih termotivasi lagi belajar budaya apalagi akan mengenal budaya diseluruh daerah di Sumatera Barat. Semoga saja apa budaya yang mulai hilang pada saat sekarang ini , bisa dikembalikan lagi meskipun perlahan – lahan, “ tambahnya.

Ia berencana ntuk mengembalikan lagi budaya yang sudah mulai hilang di daerah melalui sosialisasi – sosialisasi yang diadakan disekolah – sekolah dan rencananya akan mengadakan pelatihan menyulam untuk perempuan dan pelatihan ulu ambek bagi pria dan direncanakan akan mengadakannya di Kota Pariaman.

” Alhamdulillah sudah mendapatkan persertujuan dan rencana lain akan membuat sanggar budaya bersama seluruh Ikatan duta budaya provinsi Sumbar dan ini juga sudah dapat persetujuan oleh Disbudpar Provinsi sumbar, “ terangnya.

Begitu juga dengan Hendrizal peraih penghargaan Duta Budaya Kreatif se Sumatera Barat 2019 ini merasa sangat tersanjung ketika di nobatkan menjadi duta budaya kreatif.

“ ini akan jadi tugas baru lagi dimana saya akan lebih banyak melakukan promosi budaya di Provinsi Sumatera Barat dan lebih aktif lagi mendekatkan diri untuk melakukan sosialisai. Meskipun berat sepertinya namun insya allah saya akan jalani dengan senang hati, “ ungkapnya.

Ia berharap semua yang tergabung pada Ikatan duta budaya provinsi Sumbar saling membantu demi mengembalikan kebudayan kita yaitu budaya minangkabau di Provinsi Sumatera barat ini.(dewi lestari)

Berikan Komentar Dunsanak !
iklan_web
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top