News

Kementerian PPPA RI Rekomendasikan Ruang Permainan Trasisional di RBRA Pantai Cermin

ayokepariaman.id-Kota Pariaman mendapat kunjungan dari Tim Surveillance Audit dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (PPPA RI), dalam rangka audit Ruang Bermain Ramah Anak (RBRA) Pantai Cermin, Kelurahan Karan Aur, Kecamatan Pariaman Tengah, Selasa sore (12/11/2019).

Rombongan yang datang dari Jakarta ini sebelumnya langsung melakukan audit tentang RBRA Pantai Cermin, dan melihat langsung serta mencatat apa saja temuan mereka terhadap RBRA Pantai Cermin ini.

“Pada dasarnya kunjungan kami ini, adalah audit ulang terhadap penetapan Pantai Cermin di Kota Pariaman ini sebagai salah satu RBRA di Indonesia, apakah sesuai dengan penilaian awal apa tidak, karena itu kami datang ke Kota Pariaman ini, untuk memastikan hal tersebut”, ujar Eni Nurhayati, salah satu Tim Surveilance Audit Kementerian PPPA RI ini.

“Dengan adanya RBRA di Pantai Cermin Kota Pariaman ini, kami harapkan anak-anak Kota Pariaman, dapat meningkatkan pengetahuan dan keintelektualanya, karena di Arena RBRA Pantai Cermin, selain ada perabot permainan, juga ada pohon-pohon untuk edukasi, serta dapat meningkatkan kemampuan motorik sensorik dari anak”, ungkapnya lebih lanjut.

Setelah mengadakan pengecekan dilapangan, ia bersama Avianto, Auditor di Kementerian PPA RI yang khusus menangani RBRA ini, membuat catatan hasil temuan, dan dilanjutkan dengan pertemuan dengan stskeholder terkait di Pemko Pariaman, di ruang rapat walikota, Balaikota Pariaman.

“Dari hasil Audit kami di lapangan, direkomendasikan RBRA Pantai Cermin Kota Pariaman, Provinsi Sumatera Barat ini, untuk kembali dipertahankan sebagai RBRA, untuk periode 1 (satu) tahun kedepan”, ujar Avianto.

“Kami mempunyai catatan catatan yang harus segera diperbaiki oleh Pemko Pariaman, selambat-lambatnya sampai tanggal 31 Januari 2020 mendatang, salah satunya untuk menyediakan space bagi permainan tradisional, dan zonasi kawasan sesuai dengan tingkat umur anak-anak tersebut”, tutupnya.

Nazifah selaku Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Pariaman, mengatakan sangat mengapresiasi kunjungan Tim Surveillance Audit dari Kementerian PPPA RI ini di Kota Pariaman.

“Kawasan Pantai Cermin telah mendapat penghargaan sebagai RBRA pada Tahun 2019 ini. Sekarang tim kembali melakukan audit dan melihat langsung ke lapangan kondisi RBRA Pantai Cermin. Kami akan melengkapi semua catatan dan rekomendasi yang diberikan tim, agar Kota Pariaman dengan predikat sebagai RBRA yang tersertifikasi, akan dapat menaikan Kota Pariaman sebagai salah satu kandidat peraih Piala Kota Layak Anak kategori Nindya, yang merupakan penghargaan tertinggi untuk KLA”, ulasnya mengakhiri.

Diakhir acara, seluruh stakeholder menandatangani berita acara dari Tim Surveillance Audit dari Kementerian PPPA RI, dan dilanjutkan penyerahan plank tersertifikasi RBRA Pantai Cermin dari Tim ke Pemerintah Kota Pariaman. (J)

Berikan Komentar Dunsanak !
iklan_web
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top