Pariaman

Wako Taiping Malaysia dan Rombongan Dijamu Makan Bajamba di Kota Pariaman

ayokepariaman.id-Pemko Pariaman sambut dan jamu “Makan Bajamba” Walikota Taiping, Perak, Malaysia, Borhan Bin Abdul Halim dan rombongan yang berjumlah 53 orang di rumah Tabuik Subarang, Kota Pariaman, Rabu (27/11) siang.

Menjadi tamu kehormatan di Kota Pariaman, kunjungan Walikota Taiping, Perak, Malaysia, Borhan Bin Abdul Halim yang sekaligus menjadi Co President dari Tourism Promotion Organistion (TPO) dimana Walikota Pariaman, Genius Umar juga menjadi Co President dari organisasi bergengsi yang beranggotakan 15 Negara dengan 126 anggota Kota di seluruh dunia, dengan anggota Bupati dan Walikota dari negara Asia Pasifik disuguhkan dengan “Makan Bajamba”.

Rombongan yang tiba kemarin, Selasa (26/11) siang itu menikmati “Makan Bajamba” bersama Jajaran Pemko Pariaman dan masyarakat Kota Pariaman dengan makna memunculkan rasa kebersamaan tanpa melihat perbedaan status sosial di masyarakat.

Mereka juga menyaksikan tradisi “Malamang” dan pertunjukan seni dari siswa SD berupa “Gandang Tambua Tasa”.

Bajamba dalam bahasa minangkabau berarti Makanan yang terbungkus rapi. Jamba biasanya dihidangkan dalam memeriahkan acara-acara adat dan budaya dan agama. Juga ketika menjamu tamu kehormatan yang datang ke Minangkabau.

Walikota Taiping, Perak, Malaysia, Borhan Bin Abdul Halim dan rombongan yang berjumlah 53 orang, kunjungi Kota Pariaman, menikmati tradisi makan bajamba dan makan lamang tapai di rumah Tabuik Subarang Kota Pariaman yang dijamu langsung Wako Pariaman Genius Umar didampingi Ny. Lucy Genius.

Wako Pariaman Genius Umar ungkapkan, sebuah kehormatan bagi kita di Kota Pariaman dikunjungi oleh rombongan Walikota Taiping Borhan Bin Abdul Halim beserta rombongan.

” Kita lihatkan inilah tradisi dan kebiasaan kita di masyarakat Kota Pariaman untuk bisa dijadikan daya tarik wisata untuk berkunjung ke Kota Pariaman,” ujar Genius.

Apalagi, hal ini kita lakukan dalam suasana bulan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, maka ritual Makan Bajamba dan Makan Lamang Tapai dihidangkan kepada para tamu kehormatan dari Negeri Jiran itu, dan dengan lahap dan santap mereka menikmatinya dan memuji kelezatan dari masakan yang disajikan masyarakat Kota Pariaman itu, tambah Genius lagi.

Genius harapkan, kedatangan rombongan dari Taiping ini mampu mempromosikan kekayaan khazanah lokal budaya dan kebiasaan masyarakat Pariaman ini di negeri jiran nantinya, dan menjadi daya tarik bagi masyarakat disana untuk mengunjungi Kota Pariaman.

Sementara itu, Walikota Taiping Borhan Bin Abdul Halim ucapkan terimakasih atas suguhan yang telah diberikan oleh Walikota Pariaman dan masyarakat Kota Pariaman.

” Diluar dugaan, bahkan kami beserta rombongan sangat menikmati keindahan alam Kota Pariaman, kelezatan masakan yang sangat menggugah selera, dan kekompakan masyarakat Pariaman,” ungkapnya yang juga usai berwisata ke empat pulau yang ada di Kota Pariaman.

Ia nyatakan kesiapannya membantu mempromosikan Kota Pariaman sekembalinya dari Kota Pariaman ini di Malaysia, karena di Malaysia juga banyak masyarakat keturunan Minangkabau. Kita ajak mereka untuk datang ke Pariaman ini.(phaik-mcp)

Berikan Komentar Dunsanak !
iklan_web
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top