News

Kota Pariaman Terima Penghargaan Kota Peduli HAM Tahun 2019 Ke 4 Kalinya

ayokepariaman.id-Pemerintah Kota Pariaman kembali meraih penghargaan sebagai Kota Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) dari Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia Tahun 2019. Penghargaan tahun ini merupakan yang keempat kalinya diraih Kota Pariaman yang sebelumnya juga pernah diraih pada Tahun 2016, Tahun 2017 dan Tahun 2018.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menkopolhukam, Mahfud MD didampingi Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly kepada Walikota Pariaman yang diwakilkan oleh Asisten I Administrasi Pemerintahan Umum, Noviardi di Jakarta, Selasa (10/11) bertepatan pada Peringatan Hari HAM sedunia ke 71 pada tanggal 10 Desember 2019.

Kriteria penilaian ditetapkan Kemenkumham sehingga suatu daerah bisa meraih penghargaan Kota Peduli HAM antara lain terpenuhinya hak atas kesehatan, hak atas pendidikan, hak atas perempuan dan anak, hak atas kependudukan, hak atas pekerjaan, hak atas perumahan yang layak serta terciptanya hak atas lingkungan yang berkelanjutan. Sesuai dengan Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor 34 Tahun 2016 Tentang Kriteria Daerah Kabupaten/Kota Peduli Hak Asasi Manusia.

Pada dasarnya, Kota Pariaman kembali meraih penghargaan Kota Peduli HAM adalah karena adanya interaksi yang harmonis ditengah-tengah masyarakat, serta pemerintah daerah selalu melibatkan perempuan dalam setiap kegiatan, sehingaa tercipta keseimbangan pemanfaatan tenaga, antara laki-laki dan perempuan.

Penghargaan Kota Peduli HAM Tahun ini bersamaan dengan Momentum Hari Nusantara Nasional tahun ini yang puncaknya bakal digelar pada 14 Desember 2019 dipusatkan di Kota Pariaman, Sumatera Barat.

Adapun rangkaian Hari Nusantara Nasional di Kota Pariaman mendatang dimulai 7 s.d 8 Desember 2019 dengan Mancing Mania di Perairan Padang dan Pariaman lalu pada tanggal 8 Desember 2019 Marathon 5K dan 10K di Pantai Kata Pariaman dan 10 s.d 14 Desember 2019, Nusantara Expo di Pantai Gandoriah dari 10 sampai 13 Desember 2019.

Kemudian, Hiburan Rakyat Nusantara di Pantai Gandoriah 11 sampai 12 Desember 2019, Bakti Sosial di SDN Pauh Barat Pariaman dan klinik Pantai Gandoriah 13 Desember 2019, Bakti Sosial Lingkungan di Desa Ampalu dan Pantai Gandoriah 13 Desember 2019, Gala Dinner Nusantara di Balairung Kediaman Walikota Pariaman 14 Desember 2019, Gandang Tasa Kreasi di Pantai Gandoriah 14 Desember 2019 sebagai puncak Hari Nusantara.

Dengan diraihnya kembali penghargaan Kota Peduli HAM untuk keempat kalinya ini, diharapkan menjadi kebanggaan tersendiri bagi daerah. Karena itu diharapkan kepada seluruh lapisan masyarakat agar senantiasa selalu menjaga kondusifitas, hamonisasi dan kedamaian, mulai dari lingkungan keluarganya masing-masing. (Erwin-MCP)

Berikan Komentar Dunsanak !
iklan_web
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top