News

50 Orang Pemilik Dan Pengelola Kapal Diberikan Penyuluhan Tentang Sikap Sadar Wisata

ayokepariaman.id-Sebanyak Lebih kurang 50 orang peserta mengikuti Pelatihan Peningkatan dan Pengembangan Gerakan Sadar Wisata Bagi Pengelola Water Sport dan Kapal Wisata yang ada di Kota Pariaman.

Pelatihan digelar oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman bekerjasama dengan Lantamal II Padang di Ruang Meeting UPT Konservasi Penyu Desa Apar, Kec. Pariaman Utara Kota Pariaman Kamis(12/12), dengan Tema “Dengan Sikap Sadar Wisata Melalui Pelatihan Pemandu Wisata Alam/Bahari Bagi Pengelola Perahu Wisata Dan Water Sport”.

Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Kota Pariaman Alfian melaporkan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada para pemandu wisata, pengelola kapal wisata yang ada di Kota Pariaman.

“Peserta Pelatihan ini akan kita bekali dengan ilmu bagaimana cara memberikan pelayanan yang profesional dan disiplin serta menjaga keamanan dan kenyamanan penumpang dan menghindari kecelakaan saat berwisata di tempat-tempat pariwisata baik itu di laut dan wisata alam bahari lainnya”, terang Alfia.

Kegiatan pelatihan itu dibuka langsung oleh Walikota Pariaman Genius Umar, dalam sambutannya Genius Umar mengucapkan terima kasih kepada KASAL dan LANTAMAL II Kota Padang yang sudah secara total memberikan bantuan dan dukungan penuh kepada Pemerintah Kota Pariaman demi suksesnya acara dalam rangka Hari Nusantara ke-62 tahun 2019.

Beliau mengatakan “Penyuluhan tentang keselamatan berlayar sangat penting diberikan kepada para pemilik dan pengelola kapal yang ada di Kota Pariaman, supaya kejadian kecelakaan beberapa bulan yang lalu tidak terulang kembali, jadi keselamatan itu harus nomor satu dan zero accident (tidak ada kecelakaan)”.

“Intinya kita harus betul-betul memeriksa keselamatan pelayaran kapal dengan sistemnya, skill ABK-nya, koordinasi antara lintas Instansi BPD, Dishub, Polairud, AL, Pariwisata, dan semua harus terkordinasi dengan baik sehingga daerah wisata itu benar-benar harus zero accident, dengan begitu akan bisa meningkatkan taraf ekonomi masyarakat dan pengelola kapal, sehingga laut benar-benar menjadi sumber ekonomi utama kita”, jelas Genius Umar.

Sementara itu Kolonel (TNI) Yusherman yang mewakili Danlantamal II Teluk Bayur Padang menjelaskan, “Setiap kapal itu harus dicek terlebih dahulu kelayakannya, alat keselamatan dan kecakapan dari ABKnya, kalau semua sudah menguasai seperti itu maka Insya Allah akan terjadi zero accident atau angka kecelakaan bisa dikurangi, nanti kedepannya kita akan lakukan kerjasama dengan Pemerintah Kota Pariaman untuk membina ABK maupun pemilik kapal supaya benar-benar terkordinasi dengan baik dan tujuan wisata di Kota Pariaman itu bisa tercapai dengan maksimal”.

Usai dibuka Walikota Pariaman, kegiatan juga menghadirkan narasumber yakni mewakili Danlantamal II Teluk Bayur Padang Kolonel (TNI) Yusherman, Kapolres Pariaman AKBP Andry Kurniawan, perwakilan dari Jasa Raharja, dan Disparbud Kota Pariaman.

Acara ditutup dengan memberikan dan memasangkan pelampung kepada pemilik dan pengelola kapal wisata Kota Pariaman, yang secara simbolis dilakukan oleh Walikota Pariaman Genius Umar, Ketua TP PKK Kota Pariaman, Lantamal II Kota Padang. (Desi-MCP)

Berikan Komentar Dunsanak !
iklan_web
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top