News

Lomba Qasidah Rebana Meriahkan Hari Nusantara 2019

ayokepariaman.id-Dalam rangka memeriahkan Hari Nusantara 2019, Pemerintah Kota Pariaman bersama Kementerian Agama Kota Pariaman mengadakan lomba qasidah rebana tingkat Kota Pariaman. Lomba yang diselenggarakan di Panggung Utama Pantai Gandoriah Kota Pariaman hari ini Rabu (11/12) ini dimulai pukul 20.00 Wib.

“ Hari ini dilaksanakan lomba qasidah rebana antar desa dan kelurahan se Kota Pariaman. Ini merupakan salah satu rangkaian acara dalam memperingati Hari Nusantara 2019 di Kota Pariaman dan ini juga bagian dari syiar islam secara seni sehingga ibu – ibu kita setelah mengikuti pengajian biasanya akan berqasidah dengan menggunakan rabana, “ ungkap Walikota Pariaman Genius Umar saat menghadiri perlombaan rabana ini.

Lantunan lagu yang dinyanyikan dalam qasidah ini merupakan syiar agama, ayat – ayat Al-Qur’an dan pesan – pesan melalui hadist. Qasidah menggunakan rebana adalah salah satu tradisi dalam islam yang saat ini nyaris dilupakan sehingga hampir tidak ditemui lagi kegiatan apapun menampilkan qasidah rebana melainkan sekarang yang ada qasidah modern.

“ Lomba Qasidah Rebana ini adalah sebagai upaya mendorong dan mengembangkan potensi, serta menyalurkan minat dan bakat seni budaya Islam. Untuk tahun depan, Pemko Pariaman dan Kemenag Kota Pariaman berencana akan mengadakan lomba qasidah rebana tingkat provinsi agar semua masyarakat kembali mencintai budaya islam dan bisa menggunakan rebana dalam segala hal, “ tambahnya.

Ia berharap melalui kegiatan ini kita bisa memperkuat ukhuwah kita tanpa ada sekat antar desa, kelurahan, kecamatan, yang ada kita melebur jadi satu sebagai masyarakat Kota Pariaman.

Sementara itu Kepala Kementerian Agama Kota Pariaman Muhammad Nur mengatakan bahwa lomba qasidah rebana tingkat dsa/kelurahan se Kota Pariaman diikuti oleh 12 tim yang terdiri dari 12 orang ibu – ibu majelis taklim.

“ Memang saat ini masih belum banyak yang mengikuti lomba qasidah rebana, namun ini akan kita jadikan agenda tahunan Kemenag dan Pemko Pariaman sehingga tanun depan kita akan buat lomba yang sama dengan tingkat yang bebeda yaitu tingkat kota/kabupaten se Provinsi Sumatera Barat, “ Ungkapnya.

Pemenang pada lomba qasidah rebana akan diberikan hadiah berupa trophy dan tabanas. Pemenang nantinya akan diumumkan pada tanggal 3 Januari 2020 bertepatan dengan Hari Amak Bakti.

“ Kita sengaja belum mengumumkan pemenang saat ini karena lomba ini sebenarnya agenda saat memperingati Hari Amak Bakti yang jatuh pada tanggal 3 Januari nanti. Jadi pengumuman pemenang dan pemberian hadiah akan kita lakukan pada tanggal gersebut, “ tutupnya.(dewi lestari)

Berikan Komentar Dunsanak !
iklan_web
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top