News

Dekranasda Kota Pariaman Gelar Grandfinal Lomba Design Batik Sampan

ayokepariaman.id-Pemko Pariaman dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Pariaman menggelar Grand Final Design Batik Sampan 2019, Sabtu (21/12) di Pantai Kata Kota Pariaman.

Grand Final Design Batik Sampan 2019 dilaksanakan dengan memperagakan hasil karya dari semua design yang ikut dalam lomba design batik sampan dan lomba ini telah dilaksanakan satu bulan yang lalu.

“Hari ini kita melakukan Grand Final Design Batik Sampan 2019, mungkin ada sebagian dari kita kurang mengetahui seperti apa batik sampan bahkan nyaris tidak tahu sama sekali, untuk itu Pemerintah Kota Pariaman bersama Dekranasda kembali memperkenalkan kepada kita semua” ungkap Ketua Dekranasda Kota Pariaman Lucy Genius.

Lucy menambahkan peluncuran batik sampan Kota Pariaman telah dilakukan pada Bulan Juli 2019 di Pantai Gandoriah Kota Pariaman.

Setelah peluncuran, batik sampan diminati masyarakat, sehingga produsen kewalahan karena tenaga kerja yang belum banyak.

“Untuk itu pemerintah melakukan pelatihan membuat batik sampan bagi masyarakat, hingga saat ini banyak pengarajin yang telah menghasilkan design – design batik sampan dengan berbagai motif” tambah Lucy.

“Untuk lebih membuat batik sampan go nasional bahkan internasional, kami satu bulan yang lalu mengadakan lomba design batik sampan 2019 untuk tingkat nasional, tercatat 23 perancang yang telah mengirimkan bahannya dan bahan tersebut telah dijadikan pakaian sehingga malam ini akan ditampilkan oleh para model design batik sampan tersebut dan akan ditentukan 5 terbaik yang akan menjadi pemenangnya, “ jelas Lucy yang juga menjadi ketua juri pada lomba ini.

Adapun kriteria penilaian pada Grand Final Design Batik Sampan 2019 ini meliputi 3 aspek, mulai dari aspek motif 40 % , aspek aplikasi pada kain 30 %  dan aspek deskripsi/ penjelasan motif. (tim)

 

Berikan Komentar Dunsanak !
iklan_web
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top