Pariaman

Hingga Saat Ini, 11 Perguruan Tinggi “Terlibat” Program Saga Saja Pemko Pariaman

ayokepariaman.id- Sampai saat ini, 11 perguruan tinggi telah bekerjasama dengan pemerintah Kota Pariaman melalui program “Satu Keluarga Satu Sarjana (Saga Saja).

Saga Saja  merupakan program unggulan dari Walikota Pariaman Genius Umar dan Wakil Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin, yang bertujuan untuk memberantas kemiskinan melalui Peningkatan Pendidikan Vokasi (pendidikan tinggi yang menunjang pada penguasaan keahlian terapan tertentu yang meliputi program pendidikan Diploma 1 s/d 4 atau yang setara dengan Strata 1).

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Pariaman Kanderi mengatakan bahwa awalnya program ini mulai berjalan ketika Walikota mendengarkan banyak keluhan dari masyarakat tentang pendidikan anak-anak mereka yang tidak bisa berlanjut dikarenakan keterbatasan biaya.

“Berdasarkan hal itulah Walikota Pariaman Genius Umar langsung menindak lanjuti masalah tersebut dengan membuat program saga saja yang dimulai semenjak tahun 2018 dan berlanjut sampai sekarang”, ujar Kanderi.

“Sampai saat ini sudah ada sekitar 58 orang mahasiswa yang sudah tercatat dibeberapa perguruan tinggi yang menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kota Pariaman dalam program saga saja”, ungkapnya.

Beliau menambahkan program ini akan terus berlanjut dan akan semakin ditingkatkan dari tahun ketahun, baik dari jumlah perguruan tinggi yang menjalin kerjasama, jumlah calon mahasiswa dan jumlah pengelolaan sistem pemberian beasiswa.

Kanderi berharap program ini bukan hanya menjadi tanggung jawab Dinas Pendidikan saja, akan tetapi menjadi tanggung jawab semua OPD yang ada dilingkungan pemerintahan Kota Pariaman. Contohnya pendidikan dalam bidang pariwisata menjadi tanggung jawab Dinas Pariwisata, yang berkaitan dengan pendidikan kesehatan menjadi tanggung jawab Dinas Kesehatan.

Perguruan Tinggi yang telah menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kota Pariaman adalah : Politeknik Negeri Padang, Batam Tourism Polytechnic, Institut Teknologi Bandung, Politeknik ATI Padang, Politeknik Pelayaran Sumbar, Universitas Negeri Padang, Universitas Dharma Andalas, Institut Agama Islam Sumatera Barat Pariaman, Politeknik Kelautan dan Perikanan Pariaman, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sumatera Barat, Universitas Indonesia. (Desi-MCP)

 

Berikan Komentar Dunsanak !
iklan_web
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top