Objek Wisata

Menikmati Pesona Air Terjun Baburai

ayokepariaman.id-Bosan dengan suasana pantai di daerah Pariaman, anda bisa mencoba menikmati  indahnya Air Terjun Baburai. Wisata alam ini terletak di Korong Alahan Tabek, Nagari Sikucur, Kecamatan V  Koto Kampung Dalam, Kabupaten Padang Pariaman ,Sumbar.

Tidak susah untuk mencapai lokasi ini, kira-kira 20 km dari pusat kota Pariaman menggunakan kendaraan bermotor. Untuk mencapai lokasi ini, memang agak sulit menggunakan kendaraan umum, sebaiknya anda membawakan kendaraan sendiri, mobil atau motor.

Pada kesempatan kali tim #ayokepariaman mencoba menjajal air terjun Baburai. Setelah menempuh perjalanan kurang lebih 20 menit dengan mobil, kami tiba dilokasi yang biasanya dijadikan parkir oleh penduduk setempat. Tak ada tarif parkir disini, anda cukup membayar seikhlas saja. Setelah parkir perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki, dengan jarak  tempuh  kurang lebih 15 menit perjalanan. Anda tidak usah kuatir, karena hampir keseluruhannya aksesnya sudah bagus, ada jalan rabat beton yang membuat akses kesana menjadi lancar. Disepanjang perjalanan anda akan disuguhkan indahnya pemandangan dari ketinggian, hijaunya pohon kelapa serta ladang-ladang penduduk yang membuat pandangan menjadi segar.

Janjang Saribu

Setelah melewati jalan rabat beton, anda akan sampai disebuah warung penduduk. Kalau anda lupa membawa makanan dan minuman, jangan kuatir, diwarung ini anda bisa membeli air mineral, mie instan dan makanan kecil lainnya. Diwarung ini pula terdapat sebuah kotak yang bertuliskan uang kebersihan, bisa anda isi seikhlasnya saja.

Akses setelah melewati warung, anda akan menemukan rute turunan, untuk keamanan pengunjung, sepertinya turunan ini telah dimodifikasi menjadi seperti tangga, jika hujan tetap harus ekstra hati-hati. Setelah melati rute jalan tanah ini, selanjutnya anda akan melewati rute janjang saribu (tangga 1000) begitu penduduk setempat menamakan rute ini. Kalau dihitung anak tangganya tidak mencapai 200 anak tangga.

Setelah anak tangga selesai anda lewati, anda akan menemukan sebuah air terjun sangat indah, ya inilah Air Terjun Baburai, sebuah objek wisata kebanggaan masyarakat Kampung Dalam. Kawasan ini masih alami dan belum digarap secara optimal oleh pihak terkait. Air terjun baburai dikelilingi sebuah bukit yang masih asri, banyak ditumbuhi pepohonan.  Sayang, masih terdapat sampah yang berserakan, ulah pengujung yang tidak sadar akan kebersihan.

Tidak menunggu lama, selanjutnya adalah menikmati dingin dan sejuknya air di Baburai. Keasriannya yang luar biasa membuat kita betah berlama-lama untuk menikmati liburan disini.

Tips untuk anda yang  ingin kesini, gunakan pakaian senyaman mungkin, menggunakan sandal gunung atau sandal jepit serta topi kalau anda berangkat siang. Membawa baju ganti untuk anda yang ingin berenang. Jangan lupa siapkan uang kecil, untuk parkir dan uang kebersihan serat siapkan kantong untuk membawa sampah-sampah anda kembali. (tim akp)

 

 

Berikan Komentar Dunsanak !
iklan_web
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top