Pariaman

Pelatihan Pengelola Hotel Penginapan Demi Terwujudnya Pelayanan Prima Kepada Wisatawan

ayokepariaman.id-Kota Pariaman saat ini menjadi salah satu daerah yang pesat dalam hal pengembangan dunia kepariwisataan. Berbagai hal dilakukan, seperti pengembangan objek wisata, peningkatan fasilitas pendukung kepariwisataan serta pengembangan dan pembinaan sumber daya pariwisata. Hal-hal ini tentunya dilakukan agar Kota Pariaman mampu berdiri sejajar dengan daerah lain yang kepariwisataannya lebih dulu maju dibanding kota tabuik ini.

Salah satu hal penunjang maju atau tidak dunia kepariwisataan adalah hotel atau penginapan. Hotel atau penginapan memiliki fungsi utama sebagai saran akomodasi tempat menginap bagi para tamu yang datang dari berbagai tempat. Namun, seiring berkembangnya zaman , fungsi hotel atau penginapan ini tidak hanya sebagai tempat menginap saja, tetapi saat ini dapat kita lihat hotel memiliki banyak fungsi selain fungsi utama sebagai penginapan, seperti, ruang pertemuan, lokasi rapat, lokasi melaksanakan resepsi serta acara-acara penting lainnya. Dipilihnya hotel atau penginapan ini tentu atas dasar, lokasi ini memiliki fasilitas –fasilitas penunjang untuk berbagai kegiatan yang dilaksanakan.

Peranan hotel dalam  dunia kepariwisataan memang sangat penting, betapa tidak hotel sebagai sarana akomodasi umum sangat membantu wisatawanyang sedang berkunjung. Industri perhotelan dan kepariwisataan memiliki kaitan yang erat. Bidang hotel termasuk kedalam sarana pokok kepariwisataan (main tourism superstructures) yang memiliki makna hidup dan kehidupannya banyak tergantung pada jumlah wisatawan yang dating. Jika kita ibaratkan industri pariwisata itu sebagai sebuah bangunan, mak sektor perhotelan merupakan salah satu tiangnya.

Pemko Pariaman menyadari pentingnya pembangunan dibidang kepariwisataan agar dapat meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan rakyat. Selain itu untuk peningkatan kualitas tata kelola destinasi pariwisata dan kapasitas masyarakat pelaku usaha kepariwisataan serta untuk memperbaiki kualitas layanan pariwisata termasuk penyelenggaran informasi kepariwisataan sehingga perlu dilakukan pelatihan untuk peningkatan sumber daya manusia kepariwisataan.

Pembinaan sumber daya pariwisata merupakan bagian dari upaya mempersiapkan pelaku industri pariwisata di Kota Pariaman yang pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan perekonomian masyarakat. Atas dasar itulah pelatihan manajemen homestay/penginapan/hotel menjadi sangat penting, seperti yang diikuti oleh 50 orang pengusaha penginapan/hotel di Kota Pariaman pada tanggal 3 s/d 5 Desember 2019 di Safari Inn Hotel Pariaman.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pariaman Alfian menyebut bahwa pelatihan ini bertujuan untuk pengembangan  atau pembinaan sumber daya pariwisata untuk mempersiapkan SDM pariwisata di Kota Pariaman serta mampu meningkatkan kinerja dan daya saing bagi pembangunan kepariwisataan nasional, mendorong pelayanan prima selaku usaha sektor industri pariwisata dan memahami manajemen serat pengeloan homestay/penginapan/hotel.

Selain itu Kegiatan yang bersumberkan dari anggaran DAK non fisik dana pelayanan kepariwisataan tahun angkaran 2019 ini juga bertujuan meningkatkan sikap sadar wisata, meningkatkan kesadaran pengelola agar menjadi lebik baik, peningkatan kapasitas SDM pariwisata, karena melalui pelatihan ini pelaku industri pariwisata diajak untuk memiliki kompetensi dasar pelayanan prima.

Ya, semoga setelah mengikuti pelatihan ini kita berharap para pengelola hotel/penginapan/homestay dan sejenisnya bisa memberikan pelayanan prima bagi pengunjung. Mulai dari pelayanan yang ramah kepada pengunjung, lingkungan penginapan yang kondusif, kebersihan, fasilitas (sesuai harga), serta makanan yang disajikan memiliki cita rasa yang khas (kalau ada) dan harga yang kompetitif. Dengan begitu, pengelola hotel/homestay bisa memberikan citra positif terhadap dunia kepariwisataan Kota Pariaman, semoga !! (bn)

 

Berikan Komentar Dunsanak !
iklan_web
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top