Pariaman

Perpustakan Keliling Tumbuhkan Minat Baca di Tengah Masyarakat

ayokepariaman.id-Perpustakaan sebagai salah satu sarana pemenuhan kebutuhan masyarakat terhadap informasi dan ilmu pengetahuan ditujukan untuk seluruh lapisan masyarakat, baik yang berada di pusat kota maupun yang berada di daerah pedesaan.

Untuk itu dibutuhkan pembaharuan yang dapat menunjang kinerja perpustakaan. Salah satu upaya yang apat dilakukan oleh pemerintah adalah dengan menghadirkan perpustakaan keliling.

Perpustakaan Keliling (Pusling) adalah salah satu kegiatan  menghadirkan Mobile Unit Perpustakaan  Keliling yang  memberikan layanan membaca di beberapa titik layanan guna mensukseskan program budaya baca masyarakat juga Gerakan Litersi Sekolah (GLS). Dengan adanya perpustakaan keliling ini memungkinkan penduduk yang tinggal jauh dari perpustakaan umum dapat memanfaatkan jasa yang diberikan oleh perpustakaan keliling ini.

Kepala Seksi Pengembangan Perpustakaan Bagian Kearsipan dan Perpustakaan Setdako Pariaman Salam Pulungan menyebut saat ini pihaknya tetap sering terjun ketengah masyarakat walaupun di era globalisasi media baca online sudah banyak tersedia, karena dengan cara ini juga kan bisa akan menumbuhkan budaya membaca dikalangan masyarakat.

“Kami turun kesekolah-sekolah dan desa, dalam sehari kami mengunjungi dua desa, dan di dua desa tersebut rata-rata yang meminjam buku ada sekitar 50 orang” ujarnya.

“Paling banyak buku yang dipinjam oleh masyarakat khususnya ibu rumah tangga adalah buku-buku resep dan buku keterampilan, sementara itu kalau untuk pelajar biasanya mereka sering meminjam buku-buku cerita”, tambahnya.

Dalam kunjungan tersebut masyarakat dan juga pelajar bebas membaca buku-buku yang  disediakan di perpustakaan keliling.

Beragam buku bisa dibaca pengunjung serta bisa dibawa pulang untuk dibaca dan dikembalikan lagi menjelang tiga bulan berikutnya tim pusling hadir kembali  mengunjungi desa atau sekolah yang bersangkutan. (desi-EP)

 

Berikan Komentar Dunsanak !
iklan_web
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top