Pariaman

Jumlah Wisatawan Semakin Meningkat, Pemerintah Pariaman Beri Pelatihan Sadar Wisata Bagi Pelaku Usaha Kapal dan Watersport

ayokepariaman.id-Pemerintah Kota Pariaman melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan memberikan Pelatihan Pemandu Wisata Alam atau Bahari kepada  45 pelaku usaha kapal wisata dan watersport yang beroperasi di sepanjang pantai wisata Kota Pariaman. Pelatihan ini digelar selama tiga hari, yakni 17-19 Desember 2019 di Hotel Grand Zuri Padang.  Dengan tujuan meningkatkan sikap sadar wisata dan meningkatkan kapasitas SDM kepariwisataan bagi pelaku usaha kapal wisata dan watersport, kegiatan ini  sukses diselenggarakan menggunakan anggaran DAK Nonfisik dana Pelayanan Kepariwisataan 2019.

Kegiatan pelatihan yang dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman ini diharap mampu melahirkan SDM unggul kepariwisataan karena selama pelatihan peserta diberi materi sapta pesona dan sadar wisata. Tidak hanya itu, bagi peserta yang merupakan pengelola kapal, nahkoda, dan awak kapal dibekali kecakapan keselamatan ketika berlayar membawa wisatawan..

“Hal-hal yang mesti diperhatikan sebelum kapal berlayar membawa wisatawan ke pulau-pulau yang ada di perairan Pariaman adalah yang pertama, fisik kapal. Pastikan kapal tidak dalam keadaan bocor atau retak. Kedua, perhatikan kapasitas penumpang. Jangan paksakan kapal membawa muatan berlebihan. Ketiga, perhatikan waktu berlayar. Lihat kondisi! Jika cuaca tidak mengizinkan, jangan paksakan. Ini semua demi keselamatan kita bersama. Dan jangan lupa kenakan life jacket. Namun yang lebih penting adalah semua kapal yang beroperasi sudah harus mengantongi izin dari  pihak terkait. Kami pun akan turut memantau agar tidak terjadi kecelakaan atau zero accident.” ulas kepala dinas singkat dalam sambutannya.

Seperti yang kita ketahui bersama, destinasi wisata di Kota Pariaman semakin berkembang. Hal tersebut berbanding lurus dengan melonjaknya jumlah wisatawan yang datang ke Kota Tabuik tersebut. “Pariaman Waterfront City” yang semula dikonsepkan mulai diwujudkan dengan diresmikannya Talao Green Park yang berlokasi di Pauah, Pariaman. Untuk itu pemerintah merasa perlu untuk menggandeng kelompok-kelompok masyarakat yang sadar wisata agar tercipta  rasa aman dan nyaman di hati wisatawan. Mayarakat di lingkungan wisata yang tertib, bersih, ramah, serta didukung lingkungan yang sejuk, dapat memberi kesan postitif dan kenangan tak terlupakan bagi wisatawan ketika berkunjung ke Pariaman. (no)

 

Berikan Komentar Dunsanak !
iklan_web
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top