Pariaman

Cegah Longsor, Warga Koto Marapak Tanam Akar Wangi

ayokepariaman.id-Warga Desa Koto Marapak bersama jajaran terkait menanam akar wangi untuk mencegah terjadinya longsor yang mengancam didaerah tersebut.

Kepala Desa Koto Marapak Yuhaldi menyebut ide ini dilaksanakan berawal musibah tanah longsor yang terjadi di dekat pemukiman warga Dusun Kampuang Baru di bulan desember tahun lalu.

“Mendengar hal tersebut Danramil Pariaman melalui Kodim 0308 langsung memesan dua karung bibit akar wangi yang dibeli dari daerah Solok sebanyak 1000 batang bibit akar wangi, dan 40 batang bibit mahoni untuk ditanam di area pemukiman warga yang terancam longsor”, ujar Yuhaldi Jumat (7/2).

Menurutnya akar wangi dipilih karena tanaman ini mempunyai akar yang kuat untuk menahan terjadinya erosi tanah akibat gerusan air yang deras, untuk penyerapan air dan juga bisa mencegah terjadinya tanah longsor.

Ditambahkannya selain bisa untuk mencegah terjadinya longsor, akar wangi juga mempunyai aroma yang harum, dan akar wangi ini juga sering dijadikan sebagai bahan parfum, pengharum ruangan, dan juga bagus untuk perawatan kulit. Sedangkan daunnya bisa dijadikan untuk makanan ternak..

Gotong royong bersama ini selain diikuti oleh arga desa, juga diikuti  oleh jajaran camat Pariaman Timur, BPBD Kota Pariaman, Polres Pariaman serta jajaran Kodim Pariaman. (EP)

 

Berikan Komentar Dunsanak !
iklan_web
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top