Pariaman

Masuk 5 Besar Dasawisma Berprestasi Tingkat Sumbar, Apa Saja Inovasi Kelompok Dasawisama Anggrek 1 Desa Cimparuah?

ayokepariaman.id- Kelompok Dasawisma Anggrek 1 Desa Cimparuah Kecamatan Pariaman Tengah masuk 5 besar penilaian kader dasawisma berprestasi tingkat propinsi Sumatera Barat, apa saja inovasi dan terobosan kelompok dasawisma ini?

“Kami membuat beberapa inovasi dan terobosan sehingga kampung kami menjadi lebih maju dan lebih baik, bernilai ekonomis dan ramah lingkungan, serta bersinergi dengan pemuda dan masyarakat” ujar LIna Marni, Ketua Dasawisma Anggrek I Dusun Kampung Tangah Desa Cimparuh, Kecamatan Pariaman Tengah,Kota Pariaman.

Lina bersama rekan-rekannya juga  mulai merintis usaha pengoptimalan pemanfaatan pekarangan, dan lahan kosong dengan menanam  terong serta buah pepaya dan nanas, hasilnya kemudian diolah  menjadi kripik dan minuman, yang diberi nama penascimp (pepaya nenas cimparuh), serta panganan mpek-mpek dari pepaya.

Ia dan timnya juga membuat program “Hatinya” (Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman) disetiap rumah, serta menanam tanaman yang bisa diolah untuk keperluan sehari-hari.

Tidak hanya itu, mereka juga mengembangkan nilai seni dan kebudayaan dengan melestarikan silek ulu ambek dan  tambua tasa, serta pembinaan tahfiz remaja dan gerakan melukis di dinding dan pagar (mural)  yang ada di Dusun Kampung Tangah Desa Cimparuh.

Dasawisma Anggrek 1 juga memanfaatkan tali bandar sebagai kolam ikan, pengolahan sampah biopori dan menggalakkan program hindari penggunaan gadget kembali kepermainan tradisional untuk anak. (MCP-EP)

 

 

Berikan Komentar Dunsanak !
iklan_web
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top