News

Lucyanel Genius : Peran Penting Pokja 4 Dalam Penurunan Prevalensi Balita Kurang Gizi dan Stunting

ayokepariaman.id-Ketua TP-PKK Kota Pariaman Lucyanel Genius menyebut pokja PKK  kecamatan dan desa/kelurahan harus menjadi  perpanjangan tangan informasi dan mensosialisasikan kepada masyarakat berbagi informasi dari stakeholder terkait.

“Peran prioritas pokja 4 pkk Kota Pariaman tahun 2020 itu salah satunya pemantapan keluarga sadar gizi dalam upaya menurunkan prevalensi balita kurang gizi dan stunting dengan konsumsi tablet tambah darah pada remaja putri/suplementasi zat gizi ini dan gizi bumil, ibu menyusui, dan balita, asi eksklusif, MP asi serta PMT untuk balita” ujar Lucy sosialisasi Pemberian Tablet Tambah Darah Bagi Remaja Putri di Kota Pariaman yang digelar Dinas Kesehatan Kota Pariaman di Aula Joyo Makmur, Kamis (5/3).

Dihadapan 75 peserta yang merupakan perwakilan ketua kelompok kerja (pokja) 4 di empat kecamatan dan ketua pokja 4 di 71 desa/kelurahan, Lucy menyampaikan bahwa tablet penambah darah diberikan jangan cuma disimpan dirumah dan banyak yang tidak diminum, hal tersebut karena ketidak pahaman anak-anak kita tentang apa itu tablet penambah darah tersebut.

Dijelaskannya banyak program-program yang harus dimengerti masyarakat seperti  pemberian makanan tambahan (PMT) bagi anak sekolah, perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), usaha kesehatan sekolah (UKS),  imunisasi, KB, pencegahan penyakit menular dan tidak menular, pemeliharaan pohon dan kelestarian lingkungan serta swadaya masyarakat dalam menurunkan angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian neonatal (AKN).

Lucy juga mengatakan program kesehatan ini perlu banyak melibatkan masyarakat, salah satunya melalui forum masyarakat peduli imunisasi (FMPI) yang langsung di ketuai oleh majelis ulama indonesia (MUI) Kota Pariaman.

Pihaknya menghimbau kepada kader posyandu agar secara bersama-sama tokoh masyarakat, tokoh agama dan organisasi masyarakat untuk mensukseskan program imunisasi karena ini sangat penting.

“ Imunisasi sangatlah penting, untuk menghindari anak-anak kita agar terjauh dari penyakit TBC, campak, difteri, polio, tetanus, hepatitis dan rubella “, imbuhnya.

Ia pun mengajak masyarakat supaya lebih antisipasi, caranya dengan meningkatkan kesadaran dalam menjaga kebersihan dan meningkatkan pola hidup bersih dan sehat. (Erwin-ep)

 

Berikan Komentar Dunsanak !
iklan_web
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top