News

Antisipasi Virus Covid-19, Pemko Pariaman Galakkan Program Bersih Masjid

ayokepariaman.id- Salah satu langkah yang dilakukan Pemko Pariaman untuk mencegah penyebaran wabah virus corona di Kota Pariaman adalah dengan membuat gerakan bersih masjid atau program thaharah masjid di semua masjid mushalla se-Kota Pariaman.

“Hal yang perlu dilakukan ialah menjaga kebersihan lantai masjid mushala dengan cairan disinfektan, menjaga kebersihan karpet dan alas shalat secara rutin menggunakan vacuum cleaner, meminta jamaah yang mengalami gejala demam seperti flu agar beribadah di rumah hingga sembuh, menjaga kebersihan tempat wudhu dan toilet dengan cara penyemprotan cairan disinfektan “, ujar Walikota Pariaman Genius Umar, Senin (15/3).

Ia mengimbau agar masyarakat membawa sajadah atau alas untuk sujud lainnya secara mandiri saat shalat di masjid atau mushala. Imbauan ini sebelumnya juga telah disampaikan oleh Presiden Joko Widodo guna menghindari potensi penularan virus corona yang menyebabkan covid-19. Karena potensi penularan virus atau bakteri tersebut sangat mungkin terjadi di tempat umum, tak terkecuali masjid atau mushala.

Lebih lanjut, genius sampaikan bahwa program thaharah masjid dan mushala ini juga dilakukan dalam rangka menyambut bulan suci ramadhan 1441 hijriyah.

Genius juga minta kepada petugas kesehatan harus tanggap dan ikut mengawasi penyebaran penularan virus covid-19. Jika ada masyarakat yang dicurigai terdampak wabah tersebut baik di lingkungan masjid dan mushala segera laporkan kepada petugas kesehatan untuk cepat ditindaklanjuti.

Selain itu, wako juga minta kantor-kantor untuk dilakukan pembersihan dan penyemprotan disinfektan dibawah tanggungjawab dinas kesehatan. Ini juga dilakukan di kantor instansi vertikal Kota Pariaman “, ujarnya.

“ Kita akan cek juga bagaimana kesiapan rumah sakit di Kota Pariaman RS Dr Sadikin, RSUD Pariaman, RS Aisyah dan lainnya harus saling berkoordinasi dengan dinas kesehatan Kota Pariaman soal kesiapan dan prosedur jika nanti ada masyarakat kita yang suspek dan terpapar virus corona ini “, tutupnya mengakhiri. (erwin)

 

Berikan Komentar Dunsanak !
iklan_web
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top